Senin, 02 Maret 2020

SUNAN AD-DARIMI KITAB ZAKAT No: 1563 Kewajiban zakat

Minggu, 01 Maret 2020


SUNAN AD-DARIMI KITAB ZAKAT No: 1563 Kewajiban zakat

حَدَّثَنَاأَبُو عَاصِمٍ عَنْ زَكَرِيَّابْنِ إِسْحَقَ عَنْ يَحْيَى بْنِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ صَيْفِيٍّعَنْ أَبِي مَعْبَدٍ عَنْابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّىاللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا بَعَثَ مُعَاذًاإِلَى الْيَمَنِ قَالَ إِنَّكَ تَأْتِيقَوْمًا أَهْلَ كِتَابٍ فَادْعُهُمْإِلَى أَنْ يَشْهَدُوا أَنْلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُوَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ فَإِنْأَطَاعُوا لَكَ فِي ذَلِكَفَأَخْبِرْهُمْ أَنَّ اللَّهَ فَرَضَعَلَيْهِمْ خَمْسَ صَلَوَاتٍ فِيكُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ فَإِنْهُمْ أَطَاعُوا لَكَ فِي ذَلِكَفَأَخْبِرْهُمْ أَنَّ اللَّهَ فَرَضَعَلَيْهِمْ صَدَقَةً فِي أَمْوَالِهِمْ تُؤْخَذُمِنْ أَغْنِيَائِهِمْ وَتُرَدُّ عَلَى فُقَرَائِهِمْ فَإِنْهُمْ أَطَاعُوا لَكَ فِي ذَلِكَفَإِيَّاكَ وَكَرَائِمَ أَمْوَالِهِمْ وَإِيَّاكَ وَدَعْوَةَ الْمَظْلُومِ فَإِنَّهُ لَيْسَ لَهَا مِنْدُونِ اللَّهِ حِجَابٌ

Telah mengabarkan kepada kami Abu 'Ashim dari Zakaria bin Ishaq dari Yahya bin Abdullah bin Shaifi dari Abu Ma'bad dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam saat mengutus Mu'adz ke Yaman, beliau bersabda: "Sesungguhnya engkau akan datang kepada kaum ahli kitab, maka ajaklah mereka untuk bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan Muhammad adalah Rasulullah. Kemudian jika mereka mentaatimu dalam hal itu maka kabarkanlah kepada mereka bahwa Allah mewajibkan atas mereka shalat lima waktu dalam setiap sehari semalam. Kemudian jika mereka mentaatimu dalam hal itu maka kabarkanlah kepada mereka bahwa Allah telah mewajibkan zakat pada harta mereka yang diambil dari orang-orang kaya mereka dan diberikan kepada orang-orang fakir mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu dalam hal itu, maka jauhilah harta berharga mereka dan berhati-hatilah engkau terhadap doa orang yang terzhalimi, sesungguhnya tidak ada penghalang baginya dari Allah."

SUNAN AD-DARIMI KITAB ZAKAT No: 1564 Miskin mana yang perlu diberi sedekah?

أَخْبَرَنَاهَاشِمُ بْنُ الْقَاسِمِ حَدَّثَنَاشُعْبَةُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِزِيَادٍ قَالَ سَمِعْتُ أَبَاهُرَيْرَةَ يُحَدِّثُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّىاللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ لَيْسَالْمِسْكِينُ الَّذِي تَرُدُّهُ اللُّقْمَةُوَاللُّقْمَتَانِ وَالْكِسْرَةُ وَالْكِسْرَتَانِ وَالتَّمْرَةُ وَالتَّمْرَتَانِ وَلَكِنْ الْمِسْكِينُ الَّذِي لَيْسَ لَهُغِنًى يُغْنِيهِ يَسْتَحْيِي أَنْ يَسْأَلَ النَّاسَإِلْحَافًا أَوْ لَا يَسْأَلُالنَّاسَ إِلْحَافًا

Telah mengabarkan kepada kami Hasyim bin Al Qasim telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Muhammad bin Ziyad ia berkata, saya mendengar Abu Hurairah menceritakan dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda: "Orang miskin bukanlah orang yang tertolak untuk mendapatkan satu atau dua suap makanan, sepotong atau dua potong roti, sebutir atau dua butir kurma. Akan tetapi orang miskin adalah orang yang tidak memiliki sesuatu yang mencukupinya dan malu untuk meminta kepada manusia dengan mendesak, atau orang yang tidak meminta kepada manusia dengan mendesak."

SUNAN AD-DARIMI KITAB ZAKAT No: 1565 Tidak menunaikan zakat sapi, kambing dan unta



أَخْبَرَنَايَعْلَى بْنُ عُبَيْدٍ حَدَّثَنَاعَبْدُ الْمَلِكِ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِعَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ مَا مِنْ صَاحِبِإِبِلٍ وَلَا بَقَرٍ وَلَاغَنَمٍ لَا يُؤَدِّي حَقَّهَاإِلَّا أُقْعِدَ لَهَا يَوْمَ الْقِيَامَةِبِقَاعٍ قَرْقَرٍ تَطَؤُهُ ذَاتُ الظِّلْفِ بِظِلْفِهَاوَتَنْطَحُهُ ذَاتُ الْقَرْنِ بِقَرْنِهَالَيْسَ فِيهَا يَوْمَئِذٍ جَمَّاءُوَلَا مَكْسُورَةُ الْقَرْنِ قَالُوا يَا رَسُولَاللَّهِ وَمَا حَقُّهَا قَالَإِطْرَاقُ فَحْلِهَا وَإِعَارَةُ دَلْوِهَا وَمِنْحَتُهَا وَحَلَبُهَا عَلَى الْمَاءِ وَحَمْلٌعَلَيْهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ

Telah mengabarkan kepada kami Ya'la bin 'Ubaid telah menceritakan kepada kami Abdul Malik dari Abu Az Zubair dari Jabir ia berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah pemilik unta, sapi dan kambing yang tidak menunaikan haknya kecuali ia akan didudukkan di hadapan hewan tersebut pada Hari Kiamat di tanah terbuka yang datar, kemudian hewan yang memiliki sepatu akan menginjak dengan sepatunya dan yang memiliki tanduk akan menanduk dengan tanduknya. Pada saat itu tidak ada hewan yang tak bertanduk atau tidak ada hewan yang bertanduk patah." Mereka berkata, "Wahai Rasulullah, apakah hak hewan-hewan tersebut?" Beliau menjawab: "Mengawinkan pejantannya, meminjamkan embernya, meminjamkannya (untuk diambil manfaatnya), memeras susunya setelah diberi minum dan memberinya muatan di jalan Allah."

SUNAN AD-DARIMI KITAB ZAKAT No: 1566 Tidak menunaikan zakat sapi, kambing dan unta


حَدَّثَنَابِشْرُ بْنُ الْحَكَمِ حَدَّثَنَاعَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَأَخْبَرَنِي أَبُو الزُّبَيْرِ أَنَّهُسَمِعَ جَابِرَ بْنَ عَبْدِاللَّهِ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَاللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ يَقُولُ مَا مِنْصَاحِبِ إِبِلٍ لَا يَفْعَلُفِيهَا حَقَّهَا إِلَّا جَاءَ يَوْمَالْقِيَامَةِ أَكْثَرُ مَا كَانَتْ قَطُّوَأُقْعِدَ لَهَا بِقَاعٍ قَرْقَرٍتَسْتَنُّ عَلَيْهِ بِقَوَائِمِهَا وَأَخْفَافِهَا وَلَا صَاحِبِ بَقَرٍلَا يَفْعَلُ فِيهَا حَقَّهَا إِلَّاجَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُمَا كَانَتْ قَطُّ وَأُقْعِدَلَهَا بِقَاعٍ قَرْقَرٍ تَنْطَحُهُبِقُرُونِهَا وَتَطَؤُهُ بِقَوَائِمِهَا وَلَا صَاحِبِ غَنَمٍلَا يَفْعَلُ فِيهَا حَقَّهَا إِلَّاجَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُمَا كَانَتْ وَأُقْعِدَ لَهَابِقَاعٍ قَرْقَرٍ تَنْطَحُهُ بِقُرُونِهَا وَتَطَؤُهُ بِأَظْلَافِهَا لَيْسَ فِيهَا جَمَّاءُوَلَا مَكْسُورَةٌ قَرْنُهَا وَلَا صَاحِبِ كَنْزٍلَا يَفْعَلُ فِيهِ حَقَّهُ إِلَّاجَاءَ كَنْزُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شُجَاعًاأَقْرَعَ يَتْبَعُهُ فَاتِحًا فَاهُ فَإِذَا أَتَاهُفَرَّ مِنْهُ فَيُنَادِيهِ خُذْكَنْزَكَ الَّذِي خَبَّأْتَهُ قَالَفَأَنَا عَنْهُ غَنِيٌّ فَإِذَارَأَى أَنَّهُ لَا بُدَّمِنْهُ سَلَكَ يَدَهُ فِيفَمِهِ فَيَقْضِمُهَا قَضْمَ الْفَحْلِ قَالَأَبُو الزُّبَيْرِ سَمِعْتُ عُبَيْدَ بْنَ عُمَيْرٍ يَقُولُهَذَا الْقَوْلَ ثُمَّ سَأَلْنَا جَابِرَبْنَ عَبْدِ اللَّهِ فَقَالَمِثْلَ قَوْلِ عُبَيْدِ بْنِعُمَيْرٍ قَالَ وَقَالَ أَبُوالزُّبَيْرِ سَمِعْتُ عُبَيْدَ بْنَ عُمَيْرٍ يَقُولُقَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَاللَّهِ مَا حَقُّ الْإِبِلِقَالَ حَلَبُهَا عَلَى الْمَاءِ وَإِعَارَةُدَلْوِهَا وَإِعَارَةُ فَحْلِهَا وَمَنْحُهَا وَحَمْلٌ عَلَيْهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِأَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ الرَّبِيعِ حَدَّثَنَاأَبُو الْأَحْوَصِ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْالْمَعْرُورِ بْنِ سُوَيْدٍ عَنْأَبِي ذَرٍّ عَنْ النَّبِيِّصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَبِبَعْضِ هَذَا الْحَدِيثِ

Telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Al Hakam telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq telah mengabarkan kepada kami Ibnu Juraij ia berkata, telah mengabarkan kepadaku Abu Az Zubair bahwa ia mendengar Jabir bin Abdullah berkata, "Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah pemilik unta yang tidak melakukan haknya melainkan ia akan datang pada hari Kiamat lebih banyak daripada dahulunya dan orang tersebut didudukkan di hadapannya pada tanah terbuka yang datar, hewan-hewan tersebut menyepak pemiliknya dengan kaki dan sepatunya. Dan tidaklah pemilik sapi yang tidak melakukan haknya kecuali melainkan ia akan datang pada hari Kiamat lebih banyak daripada dahulunya dan pemiliknya didudukkan di hadapannya pada tanah terbuka yang datar, hewan tersebut menanduknya dengan tanduknya dan menginjaknya dengan kaki-kakinya. Dan tidaklah pemilik kambing yang tidak melakukan haknya melainkan ia akan datang pada hari Kiamat lebih banyak daripada dahulunya dan pemiliknya di dudukkan di hadapannya pada tanah terbuka yang datar, hewan tersebut menanduknya dengan tanduknya dan menginjaknya dengan sepatu-sepatunya. Pada hari Kiamat tidak ada kambing yang tidak bertanduk dan tidak ada yang bertanduk patah. Dan tidaklah orang yang memiliki barang timbunan yang tidak melakukan haknya melainkan barang timbunannya akan datang pada hari Kiamat sebagai ular botak yang mengikutinya dengan membuka mulutnya. Apabila ular tersebut datang kepadanya, maka ia akan lari darinya, kemudian ular tersebut berseru kepadany, 'Ambillah barang timbunanmu yang telah engkau sembunyikan.' Pemiliknya berkata, 'Aku tidak butuh kepadanya.' Kemudian apabila ia melihat bahwa ia harus mengambilnya, maka ia memasukkan tangannya ke dalam mulutnya, kemudian ular tersebut mematahkannya dengan giginya sebagaimana pejantan menggigit menggunakan giginya." Abu Az Zubair berkata, "Saya mendengar 'Ubaid bin 'Umair mengatakan perkataan ini, maka kami pun bertanya kepada Jabir bin Abdullah, dan ia juga mengatakan sebagaimana perkataan 'Ubaid bin 'Umair." Ibnu Juraij berkata, " Abu Az Zubair berkata, "Saya mendengar 'Ubaid bin 'Umair berkata, "Seorang laki-laki berkata, "Wahai Rasulullah, apakah hak unta?" Beliau menjawab: "Memerahnya setelah memberi minum, meminjamkan embernya, meminjamkan pejantannya, meminjamkan (untuk diambil manfaatnya) dan memberinya muatan di jalan Allah." Telah mengabarkan kepada kami Al Hasan bin Ar Rabi' telah menceritakan kepada kami Abu Al Ahwash dari Al A'masy dari Al Ma'rur bin Suwaid dari Abu Dzar dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan sebagian hadits ini."

SUNAN AD-DARIMI KITAB ZAKAT No: 1567 Zakat kambing

أَخْبَرَنَاالْحَكَمُ بْنُ الْمُبَارَكِ حَدَّثَنَاعَبَّادُ بْنُ الْعَوَّامِ وَإِبْرَاهِيمُبْنُ صَدَقَةَ عَنْ سُفْيَانَ بْنِحُسَيْنٍ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْسَالِمٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَأَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ كَتَبَ الصَّدَقَةَ فَكَانَفِي الْغَنَمِ فِي كُلِّ أَرْبَعِينَسَائِمَةً شَاةٌ إِلَى عِشْرِينَوَمِائَةٍ فَإِذَا زَادَتْ فَفِيهَاشَاتَانِ إِلَى مِائَتَيْنِ فَإِذَازَادَتْ فَفِيهَا ثَلَاثُ شِيَاهٍ إِلَىثَلَاثِ مِائَةٍ فَإِذَا زَادَتْشَاةً لَمْ يَجِبْ فِيهَاإِلَّا ثَلَاثُ شِيَاهٍ حَتَّىتَبْلُغَ أَرْبَعَ مِائَةٍ فَإِذَا بَلَغَتْأَرْبَعَ مِائَةِ شَاةٍ فَفِيكُلِّ مِائَةٍ شَاةٌ وَلَاتُؤْخَذُ فِي الصَّدَقَةِ هَرِمَةٌوَلَا ذَاتُ عَوَارٍ وَلَاذَاتُ عَيْبٍ

Telah mengabarkan kepada kami Al Hakam bin Al Mubarak telah menceritakan kepada kami 'Abbad bin Al 'Awwam dan Ibrahim bin Shadaqah dari Sufyan bin Husain dari Az Zuhri dari Salim dari Ibnu Umar, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah menetapkan tentang zakat: "Pada kambing setiap empat puluh hingga seratus dua puluh ekor yang digembala terdapat satu ekor sebagai zakat, jika ada kelebihan hingga jumlah dua ratus ekor maka zakatnya adalah dua ekor, jika ada kelebihan hingga jumlah tiga ratus ekor maka zakatnya adalah tiga ekor kambing. Jika jumlahlah lebih satu ekor dari jumlah tiga ratus ekor, maka tidak ada zakat hingga penambahan itu hingga sampai jumlah empat ratus. Dan jika telah mencapai empat ratus ekor kambing, maka pada setiap seratus terdapat zakat satu ekor kambing, dan dalam zakat tidak diambil kambing yang tua, bukan kambing yang telah tanggal giginya, atau kambing yang memiliki aib."

SUNAN AD-DARIMI KITAB ZAKAT No: 1568 Zakat kambing



أَخْبَرَنَاالْحَكَمُ بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَايَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ عَنْسُلَيْمَانَ بْنِ دَاوُدَ الْخَوْلَانِيِّعَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي بَكْرِبْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِحَزْمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْجَدِّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَكَتَبَ إِلَى أَهْلِ الْيَمَنِمَعَ عَمْرِو بْنِ حَزْمٍبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِمِنْ مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ إِلَى شُرَحْبِيلَ بْنِعَبْدِ كُلَالٍ وَالْحَارِثِ بْنِعَبْدِ كُلَالٍ وَنُعَيْمِ بْنِعَبْدِ كُلَالٍ فِي أَرْبَعِينَشَاةً شَاةٌ إِلَى أَنْتَبْلُغَ عِشْرِينَ وَمِائَةٍ فَإِذَا زَادَتْ عَلَىعِشْرِينَ وَمِائَةٍ وَاحِدَةً فَفِيهَا شَاتَانِ إِلَى أَنْ تَبْلُغَمِائَتَيْنِ فَإِذَا زَادَتْ وَاحِدَةًفَفِيهَا ثَلَاثَةٌ إِلَى أَنْ تَبْلُغَثَلَاثَ مِائَةٍ فَمَا زَادَفَفِي كُلِّ مِائَةِ شَاةٍشَاةٌ حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ الْحَكَمِحَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَامَعْمَرٌ عَنْ عَبْدِ اللَّهِبْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِمُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِحَزْمٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْجَدِّهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّىاللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَتَبَ لَهُمْ كِتَابًافَذَكَرَ نَحْوَهُ

Telah mengabarkan kepada kami Al Hakam bin Musa telah menceritakan kepada kami Yahya bin Hamzah dari Sulaiman bin Daud Al Khaulani dari Az Zuhri dari Abu Bakr bin Muhammad bin 'Amru bin Hazm dari Ayahnya dari Kakeknya, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah menulis surat kepada penduduk Yaman yang dibawa bersama 'Amru bin Hazm: "Bismillaahirrahmaanirrahiim. Dari Muhammad seorang Nabi kepada Syurahbil bin Abdu Kulal, Al Harits bin Abdu Kulal, dan Nu'aim bin Abdu Kulal; pada setiap empat puluh ekor kambing hingga mencapai seratus dua puluh terdapat zakat satu ekor kambing, kemudian apabila melebihi seratus dua puluh hingga dua ratus maka padanya terdapat zakat dua ekor kambing, kemudian apabila lebih dari satu hingga tiga ratus maka padanya terdapat zakat tiga ekor, dan selebihnya maka pada setiap seratus ekor kambing terdapat zakat satu ekor kambing." Telah menceritakan kepada kami Bisyr bin Al Hakam telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq telah mengabarkan kepada kami Ma'mar dari Abdullah bin Abu Bakr bin Muhammad bin 'Amru bin Hazm dari Ayahnya dari Kakeknya, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah menulis untuk mereka…kemudian ia menyebutkan seperti itu."

SUNAN AD-DARIMI KITAB ZAKAT No: 1569 Zakat sapi




حَدَّثَنَايَعْلَى بْنُ عُبَيْدٍ حَدَّثَنَاالْأَعْمَشُ عَنْ شَقِيقٍ عَنْمَسْرُوقٍ وَالْأَعْمَشُ عَنْ إِبْرَاهِيمَ قَالَاقَالَ مُعَاذٌ بَعَثَنِي رَسُولُاللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ إِلَى الْيَمَنِ فَأَمَرَنِيأَنْ آخُذَ مِنْ كُلِّأَرْبَعِينَ بَقَرَةً مُسِنَّةً وَمِنْ كُلِّ ثَلَاثِينَتَبِيعًا أَوْ تَبِيعَةً

Telah menceritakan kepada kami Ya'la bin 'Ubaid telah menceritakan kepada kami Al A'masy dari Syaqiq dari Masruq serta Al A'masy dari Ibrahim mereka berkata, Mu'adz berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengutusku ke Yaman dan memerintahkanku untuk mengambil dari setiap empat puluh ekor sapi satu ekor musinnah, dan dari setiap tiga puluh ekor satu tabi' atau tabi'ah."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar